Penerapan Teknologi Building Information Modeling (BIM) pada Pelaksanaan Proyek-Proyek

page 1

 

Jakarta (30 Agustus 2020), Seiring berkembangnya era industri 4.0, VIRAMA KARYA  harus selalu pro-aktif  dan responsif tehadap setiap perubahan/perkembangan jaman yang terkini terkait dengan proses bisnis Perusahaan. Hal tersebut antara lain dengan mengikuti setiap inovasi perkembangan Teknologi & Informasi dalam perancangan serta pengawasan di bidang infrastruktur.

Salah satu inovasi yang digunakan oleh VIRAMA KARYA adalah penerapan teknologi “Building Information Modeling (BIM )” sebagai program aplikasi yang sangat efektif dan efesien dalam mengelola informasi untuk perancangan serta pengawasan pelaksanaan proyek konstruksi infrasrtuktur.

Salah satu Output utama dari penggunaan BIM, adalah kemampuannya untuk dapat menyajikan deskripsi digital dari setiap aspek aset yang dibangun secara detail dan real time (setiap saat).

Dengan menggunakan BIM, memungkinkan untuk berinteraksi dengan model tersebut guna mengoptimalkan tindakan yang akan dilakukan, dan akan menghasilkan nilai/ manfaat yang lebih besar terhadap aset yang akan dibangun. Saat ini penerapan “BIM” dalam pelaksanaan kegiatan di VIRAMA KARYA telah digunakan pada 4 (empat) Proyek yang dilaksanakan, yaitu :
1) DED Jalan Tol Ciranjang Padalarang;
2) Proyek Persemaian Modern Ibu Kota Negara;
3) RTA Desain and Build Jalan Tol Ruas Binjai Langsa Seksis Binjai Pangkal Brandan;
4) Proyek MK Jakarta Internasional Stadium (100% menggunakan BIM).

VIRAMA KARYA berkomitmen untuk mengembangkan dan menggunakan BIM dalam pelaksanaan seluruh kegiatan proyek yang relevan, sejalan dengan tuntutan pihak Owner Pekerjaan ke depan terhadap penerapan BIM dalam pelaksanaan kegiatan proyek.

Share this on
Share on FacebookTweet about this on Twitter
Copyright © 2015 PT. VIRAMA KARYA (Persero). All Rights Reserved