Peran VIRAMA KARYA dalam pengembangan UMKM

page 1   Page 2   hasil batik   Page 3

Jakarta (29/08/2020), Dalam rangka penguatan perekonomian bangsa, Pemerintah RI terus berupaya mendorong berkembang dan semakin kuatnya ekonomi di sektor riil . Salah satu target Pemerintah dalam hal ini adalah  upaya untuk “membawa UMKM Naik Kelas”, melalui serangkaian program yang dibuat secara eksklusif dan berkelanjutan.

Kementerian BUMN serta para BUMN telah bersepakat untuk turut andil dalam memajukan UMKM di seluruh pelosok Indonesia. Demikian pula dengan VIRAMA KARYA, yang telah menyaluran bantuan dana Program Kemitraan sebagai Pinjaman Modal ke berbagai UMKM yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah bantuan Program Kemitraan Perusahaan  (Dana PKBL) yang disalurkan kepada Endah Sulastriningsih, Pengusaha di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah dan diberikan sejak tahun 2019.

Jenis Usaha yang dijalankan oleh Endah Sulastriningsih adalah Produksi Batik, dengan nama UMKM “Omah Batik Inyong”. Adapun yang melatarbelakangi dipilihnya Industri Batik oleh Endah Sulastriningsih, adalah karena Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan bahkan didorong untuk berkembang ke pasar global. Kain batik sering dipergunakan sebagai pakaian yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, baik untuk kegiata formal maupun non- formal.

Endah Sulastriningsih yang berprofesi sebagai Guru di SMPN 1 Wanadadi Kab Banjarnegara, Jawa Tengah  ini, awalnya melihat potensi usaha dan mencoba memberanikan diri untuk belajar cara memproduksi dan berjualan batik dengan mendirikan usaha kecil bernama “Omah Batik Inyong”. Awalnya, Beliau memasarkan produknya kepada Guru-Guru di Sekolah tempat beliau mengajar dan mendapat respon yang cukup baik.  Seiring dengan banyaknya permintaan terhadap baju batik, saat ini hasil produksi batik “Omah Batik Inyong” tidak hanya menerima pesanan dari sekolah tempat beliau bekerja namun juga telah menerima pesanan dari sekolah lain serta pihak lain untuk keperluan seragam acara-acara kegiatan.

Dengan bantuan Program Kemitraan dan berkembangnya usaha UMKM“Omah Batik Inyong” setidaknya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menyerap beberapa tenaga kerja disekitar tempat produksi.

Harapan kedepannya VIRAMA KARYA dapat terus berkontribusi dalam menggerakan UMKM, agar perekonomian Indonesia menjadi lebih baik dan terus berkembang.

 

Share this on
Share on FacebookTweet about this on Twitter
Copyright © 2015 PT. VIRAMA KARYA (Persero). All Rights Reserved